Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 4, No 2 (2019)

Efektivitas Model Pembelajaran CORE dengan Menggunakan Strategi Berpasangan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Sekabupaten Konawe Selatan

Bahiruddin Ruhi, La Ode (Unknown)
Cahyono, Edi (Unknown)
Jafar, Jafar (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CORE dengan menggunakan strategi berpasangan dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 16 Konawe Selatan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa berbentuk tes uraian. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CORE dengan menggunakan strategi berpasangan secara signifikan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran CORE, Strategi Berpasangan.Abstract: The purpose of this study was to determine the effectiveness of the CORE learning model by using pairing strategies to improve students' mathematical problem solving abilities. The population in this study were all students of class X of SMAN 16 South Konawe. Sampling in this study using purposive sampling technique. The data collection technique is done by giving the students a mathematical problem solving ability test in the form of a description test. Data were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics by testing hypotheses using paired sample t-test. The results of the study showed that the CORE learning model using pairing strategies was significantly effective in improving students' mathematical problem solving abilities.Keywords: Mathematical Problem Solving Ability, CORE Learning Model, Pairy Strategy

Copyrights © 2019