Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 3, No 2 (2018): Terbitan tahun ketiga

Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Rasmin, Rasmin (Unknown)
Sudia, Muhammad (Unknown)
Kadir, Kadir (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Hasil tes awal di SMP Negeri 1 Kulisusu Utara menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sangat rendah. Dari hasil observasi dan wawancara, diketahui penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa adalah dalam pembelajaran siswa tidak dibiasakan dengan soal-soal pemecahan masalah matematis, siswa tidak dibiasakan belajar dan bekerjasama kelompok, serta siswa tidak dilatih untuk membuat permasalahan dari materi yang dipelajarinya. Berdasarkan penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tersebut, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan membandingkan kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran problem posing dan kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kulisusu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran problem posing dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pembelajaran langsung.

Copyrights © 2018