Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika
Vol 2, No 1 (2017): Terbitan tahun kedua

Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Pendekatan Saintifik dan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP

Andriani, Yayuk (Unknown)
Kadir, Kadir (Unknown)
Fahinu, Fahinu (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 May 2019

Abstract

Abstrak: Rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran berdampak pada rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan untuk menguji pengaruh model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Sampel diambil dari dua kelas dengan teknik purposive sampling. Kedua kelas kemudian diacak untuk menentukan kelas eksperimen (diajar dengan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik) dan kelas kontrol (diajar dengan model konvensional). Instrumen penelitian adalah pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah matematika, skala kemandirian belajar, dan lembar observasi. Hasil analisis deskriptif dan uji t menunjukkan bahwa partisipasi siswa meningkat dan penerapan model inkuiri terbimbing dengan pendekatan saintifik lebih berpengaruh daripada model konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa baik keseluruhan maupun kategori kemandirian belajar.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematik, kemandirian belajar, pembelajaran inkuiri terbimbing, pendekatan saintifik Abstract: The low participation of students in learning has an impact on students' low ability to solve mathematical problems. This experimental research was conducted to examine the effect of guided inquiry models with a scientific approach to students' mathematical problem solving abilities. The design of this study was pretest-posttest control group design. The population of this study was all eighth grade students of SMP Negeri 17 Kendari. Samples were taken from two classes with purposive sampling technique. The two classes are then randomized to determine the experimental class (taught by the guided inquiry model with the scientific approach) and the control class (taught by conventional models). Research instruments are pretest and posttest mathematical problem solving skills, self-reguleted learning scale, and observation sheets. The results of descriptive analysis and t test showed that student participation increased and the application of the guided inquiry model with a scientific approach was more influential than the conventional model on students' mathematical problem solving abilities both in whole and in the category of self-reguleted learning. Keywords: the abilities of mathematics problems solving, self-regulated learning, guided inquiry learning, scientific approach

Copyrights © 2017