Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019): Terbit 2 kali dalam setahun

HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI DI KOTA KENDARI

Haesamu, Haesamu (Unknown)
Ahiri, Jafar (Unknown)
Safar, Misran (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui: (1) hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar, (2) hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (3) hubungan antara lingkungan belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan pendekatan korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 1742 dengan sampel 325 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes dan angket serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F sebesar 290,782 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), (2) terdapat hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F sebesar 32,864 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05), (3) terdapat hubungan antara lingkungan belajar dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai F sebesar 144.238 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05).Kata kunci: lingkungan belajar; kecerdasan emosional; hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...