Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019): Terbit 2 kali dalam setahun

HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMA NEGERI DI KONAWE

Moita, Syamsuri (Unknown)
Halim, Muliha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar sosiologi, (2) Hubungan Kecerdasan emosional dengan prestasi belajar sosiologi, (3) Hubungan antara Kreastivitas dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan prestasi belajar sosiologi pada SMA Negeri Di Konawe.  Lokasi Penelitian ini adalah SMA Negeri Di Konawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan alat pengumpulan data menggunakan angket. Populasi penelitian berjumlah 686 orang. Penarikan sampel inlakukan secara proportionale simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 87 0rang. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi ganda.. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Kreativitas berhubungan  dan signifikan dengan prestasi belajar  sosiologi siswa SMA Negeri Di Konawe, dengan kontribusi sebesar 28,8% nilai t hitung sebrasar 5,864 dan nilai propabilitas sebesar 0,000; (2) Kecerdasan emosional siswa berhubungan  dan signifikan dengan prestasi belajar siswa SMA Negeri Di Konawe, dengan kontribusi sebesar 29,2% nilai t hitung sebrasar 5,340 dan nilai propabilitas sebesar 0,000; (3) Kreastivitas dan kecerdasan emosional siswa secara bersama-sama berhubungan  dan signifikan  dengan prestasi belajar sosiologi siswa  SMA Negeri Di Konawe. Dengan kontribusi sebesar 35,4% nilai F hitung sebrasar 22,983 dan nilai propabilitas sebesar 0,000.Kata kunci: Kreativitas; Kecerdasan Emosional; Prestasi Belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...