Jurnal Gramatika
Vol 5, No 2 (2019)

SALAWAT DULANG ORAL LITERATURE AS A MEANS TRANSMISSION OF MINANGKABAU NOBLE VALUES CULTURE FROM GENERATION TO GENERATION (SASTRA LISAN SALAWAT DULANG SEBAGAI SARANA TRANSMISI NILAI-NILAI LUHUR KEBUDAYAAN MINANGKABAU DARI GENERASI KE GENERASI )

Meigalia, Eka (Unknown)
Wasana, Wasana (Unknown)
Putra, Yerri Satria (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2019

Abstract

Sebagai salah satu sastra lisan di Minangkabau yang masih terus dipertunjukkan, salawat dulang telah mengalami banyak sekali perubahan. Aspek humor dan hiburan lebih ditonjolkan. Meskipun begitu, salawat dulang pada dasarnya mengandung nilai-nilai luhur kebudayan Minangkabau yang menjadikannya patut untuk terus diwariskan dan dipertahankan sebagai salah satu warisan budaya. Berdasarkan hal itu, tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai luhur kebudayaan Minangkabau yang terkandung pada sastra lisan Minangkabau, salawat dulang. Untuk itu, metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa pengamatan terhadap pertunjukan, wawancara, studi terhadap teks yang dituturkan, dan studi kepustakaan. Sedangkan kerangka teori yang digunakan adalah antropologi sastra lisan. Berdasarkan data dan hasil analisis, salawat dulang memiliki nilai-nilai yang lebih dari sekedar hiburan. Nilai-nilai luhur kebudayaan Minangkabau yang ditemukan adalah berbuat jasa, bekerja keras, dan menjunjung tinggi nilai egaliter dan solidaritas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-gramatika

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The purpose of this journal is to publish scientific works for lecturers, researchers, students, and practitioners in Indonesia or abroad to present their new ideas, concepts and theories in Indonesian language and literature education such as: 1. The results of research development of language ...