Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2: Juli 2017

Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Dan Self-Concept Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP

Samron . (Unknown)
Fahinu . (Unknown)
Mustamin Anggo (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing dan self-concept terhadap kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMP. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016 SMP Negeri 9 Baubau. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) model pembelajaran inquiry terbimbing (MPIT) dan model pembelajajra langsung (MPL) berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan KBKM siswa SMP Negeri 9 Baubau, (2) MPIT berpengaruh lebih baik secara signifikan daripada MPL terhadap peningkatan KBKM siswa SMP Negeri 9 Baubau, (3) pada siswa yang memiliki self-concept tinggi, dan self-concept rendahMPIT berpengaruh lebih baik secara signifikan daripada MPL terhadap peningkatan KBKM siswa SMP Negeri 9 Baubau.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...