Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1: Januari 2017

Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournaments (TGT) Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP

Murniati . (Unknown)
Fahinu . (Unknown)
Wayan Somayasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2019

Abstract

Penelitian eksperimen ini berdesain Posttest Only Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  bahwa: 1) Kemampuan penalaran aljabar siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif lebih baik dibandingkan kemampuan penalaran aljabar siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 2) Siswa dengan kemandirian belajar tinggi dan sedang yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif TGT mempunyai kemampuan penalaran aljabar yang lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional.  3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran aljabar siswa dengan kemandirian belajar rendah  yang mendapat pembelajaran kooperatif TGT  dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional. 4) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran (kooperatif TGT dan konvensional) dengan kemandirian belajar (tinggi, sedang dan rendah) terhadap kemampuan penalaran aljabar siswa.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu ...