Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi buku teks Bahasa Indonesia SMA yang digunakan sekarang, merancang draf buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang materinya menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan, untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia sebelum dan sesudah menggunakan buku teks yang diujicobakan, serta untuk merevisi buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan (development research) dengan langkah-langkah: mensurvei program yang ada, mengembangkan program, mengujicobakan program, mengevaluasi program, dan menyempurnakan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan di SMA belum ada yang menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan; (2) tersusunnya draf buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang materinya menggambarkan warna daerah Sumatera Selatan; (3) draf buku teks Bahasa Indonesia yang diujicobakan ternyata lebih efektif digunakan dibandingkan dengan buku teks yang digunakan siswa sebelumnya (hasil postes > pretes); dan (4) tersusunnya buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas XI semester genap yang lebih baik daripada draf uji coba.
Copyrights © 2019