Kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun merupakan kemampuan membaca permulaan yang menitik beratkan pada pengenal huruf abjad sehingga anak mampu membaca nama sendiri. Kenyataan di lapangan anak usia 5-6 tahun pada TK B Periska Tani Saree, mengalami kesulitan dalam membaca permulaan seperti mengenal huruf. Bagaimanakah mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree dengan menggunakan media audio visual menjadi kajian dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 9 orang anak, terdiri dari 4 laki-laki dan 5 perempuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan unjuk kerja. Tindakan pengenalan huruf dilakukan dengan cara 1) menyanyikan lagu, 2) membuat aturan main sebelum menampilkan video, 3) menampilkan video yang dimaksud dalam penelitian 4) mengetes perkembangn bahasa anak dengan cara menyuruh anak-anak membaca nama sendiri yang di tulis di papan tulis. Hasil penelitian tentangĀ kemampuan bahasa anak dalam 2 siklusĀ telah berkembang yaitu anak yang mampu membaca nama sendiri dengan bantuan guru sebanyak 3 anak; dan anak mampu membaca nama sendiri secara mandiri menjadi 6 anak. Disimpulkan bahwa melalui media audio visual dapat mengembangkan kemampuan bahasa anak di TK Periska Tani Saree Kecamatan Lembah Seulawah Kabupaten Aceh Besar. Disarankan bagi guru dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan media audio visual dan media lainnya.
Copyrights © 2018