PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika

KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Fitri Hidayah, Nurul (Unknown)
Amelia, Fitrah (Unknown)
Hermansah, Hermansah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1) Hubungan positif antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016, (2) Besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam tahun pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan satu hipotesis, yaitu kecerdasan emosional berkontribusi terhadap komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling, yaitu simple random sampling. Kemudian, untuk menentukan ukuran sampel penulis menggunakan rumus Slovin. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam yang tergolong cukup kuat. (2) Terdapat kontribusi antara kecerdasan emosional terhadap  komunikasi interpersonal dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP Negeri 26 Batam sebesar 29,57%. Sedangkan sisanya sebesar 70,43% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalphythagoras

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of ...