Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 7 No 3 (2019)

Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika

Sholihah, Dyahsih Alin (Unknown)
Shanti, Widha Nur (Unknown)
Abdullah, Ahmad Anis (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Populasi dari penelitian ini mencakup seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika di Universitas Alma Ata. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak satu kelas sebagai sampel penelitian. Untuk mengumpulkan data penelitian, digunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis. Sedangkan untuk menguji pengaruh penerapan model experiential learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, data dianalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada pengaruh penerapan model experiential learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...