Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I)
Vol 8, No 2 (2019): JP3I

Pengembangan Bentuk Soal Tipe Benar-Salah dalam Penilaian Kelas Sekolah Menengah Pertama

Aswin Hermanus Mondolang (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Cosmas Poluakan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Satyano W. Mongan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Dewi S. Umacina (Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

AbstractThis research is motivated by the existence of speculation of students in answering the true-false type of questions. The purpose of this study was to develop questions true-false type in consept of physics  on work and simple machines in class VIII SMP which can minimize speculation. This research and development uses a Research & Development (R & D) model from SivasailamThiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel consisting of 4 main drums determined (defining), design (design), development (development), and spread (spread). Data collection was obtained through interviews, questionnaire instruments and student grades. The results of validation by evaluation experts and material through questionnaires obtained an average percentage of 92.5% with a valid category. And from the results of trying to 32 students, the questions developed can minimize student speculation in answering questions. Thus, a class that uses the form of B-S questions that are equipped with Y-TY options can measure students more objectively than the B-S type questions without Y-TY choices.AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya spekulasi siswa dalam menjawab soal objektif tipe benar-salah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan soal objektif  tipe benar-salah dalam penilaian kelas materi fisika usaha dan pesawat sederhana pada siswa kelas VIII SMP  yang dapat meminimalisir spekulasi. Penelitian ini menggunakan model research & development (R&D) dari Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974) yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data penelitian diperoleh melalui teknik wawancara, instrumen angket, dan nilai siswa. Validasi instrumen oleh pakar evaluasi dan pakar materi melalui instrumen angket diperoleh rerata persentase sebesar 92,5% dengan kategori valid. Data nilai siswa dari hasil uji coba kepada 32 siswa, soal yang dikembangkan dapat meminimalisir spekulasi siswa dalam menjawab soal. Dengan demikian penilaian kelas yang  menggunakan bentuk soal tipe B-S yang dilengkapi dengan pilihan Y-TY dapat mengukur pemahaman siswa secara lebih objektif dibandingkan dengan bentuk Soal tipe B-S tanpa pilihan Y-TY. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp3i

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pengukuran Psikologi dan Pendidikan Indonesia (JP3I) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi interaksi, diskusi, dan gagasan di antara para ilmuwan psikologi Indonesia. ...