Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 5, No 1 (2019): July

Penggunaan Teknik Aversi Berkondisi untuk Meminimalisir Conduct Disorder untuk Tunagrahita

Khusnul Khotimah (Universitas Negeri Malang)
Mohammad Efendi (Universitas Negeri Malang)
Asep Sunandar (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2019

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku conduct disorder sebelum dan sesudah diberikan intervensi serta mengetahui efektivitas teknik aversi berkondisi. Subjek adalah siswa kelas 3 dengan hambatan intelektual  yang mempunyai perilaku sering berbicara kotor. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen yaitu Single Subjek Research (SSR) dengan desain multiple cross conditions. Pencacatatan dilakukan dengan pencatatan waktu banyaknya subjek berbicara kotor dalam waktu 30 menit. Hasil akan di analisis menggunakan mean, level, latency dan trend. Perhitungan data  menunjukkan adanya penurunan pada setiap garfik di masing-masing kondisi. Dapat disimpulkan bahwa teknik aversi berkondisi

Copyrights © 2019