Sistem : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik
Vol 15 No 2 (2019)

PENGGUNAAN ANALISIS SPACE DAN SWOT UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK BUBUK SARI KEDELAI DAN KACANG HIJAU MARASAKE

Sukarsono, Agustin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2019

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu kunci terpenting dalam dunia bisnis. Memasarkan barang atau jasa tidak berarti hanya menawarkan atau menjual melainkan lebih luas dari itu, suatu bisnis dikatakan berhasil dapat dilihat dari bagaimana kegiatan pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran apa yang cocok untuk Bubuk Sari Kedelai dan Kacang Hijau Marasake pada KOPPONTREN POMOSDA.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SPACE dan SWOT yang didalamnya terdapat faktor-faktor internal dan eksternal perusahaan tersebut. Berdasarkan hasil dari internal dan eksternal perusahaan diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang baik untuk mengantisipasi ancaman dan mempertahankan keunggulan produknya. Penentuan strategi dengan menggunakan analisis SPACE mendapatkan hasil y=1 dan x=2,25 dapat diketahui bahwa KOPPONTREN POMOSDA telah mempunyai strategi yang agresif dalam pemasarannya. Pada strategi SWOT IFE=2,7 dan EFE 3,05, KOPPONTREN POMOSDA dari segi internalnya sudah baik, namun dari sisi ancaman juga kuat karena banyaknya kompetitor-kompetitor yang mempunyai produk bubuk sari kedelai dan kacang hijau.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

sistem

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Sistem diterbitkan 3 (tiga) kali setahun oleh Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang, sebagai sarana informasi dan forum kajian masalah-masalah teknik. Berisi tentang tulisan ilmiah, ringkasan hasil penelitian, pembahasan kepustakaan dan pemikiran kritis yang orisinil dan up to ...