cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Sistem : Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik
ISSN : 02167131     EISSN : 25496867     DOI : 10.37303
Core Subject : Engineering,
Jurnal Sistem diterbitkan 3 (tiga) kali setahun oleh Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana Malang, sebagai sarana informasi dan forum kajian masalah-masalah teknik. Berisi tentang tulisan ilmiah, ringkasan hasil penelitian, pembahasan kepustakaan dan pemikiran kritis yang orisinil dan up to date. Redaksi menerima para ahli, praktisi dan siapa saja yang berminat untuk menyumbangkan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain.
Arjuna Subject : -
Articles 173 Documents
DAMPAK KEGIATAN USAHA KERAJINAN GENTENG TERHADAP KELANGSUNGAN USAHA DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT Sunyoto, '; Sarbini, '
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 9 No 3 (2013)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (81.801 KB)

Abstract

Pengembangan usaha kerajinan genteng di Trenggalek memiliki potensi tinggi dalam penyerapan tenaga kerja lokal dan menjadi kawasan (area) dimana masyarakat lokal banyak menggantungkan hidupnya pada usaha ini. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis sejauhmana kemampuan usaha kerajinan genteng dapat mendorong perekonomian masyarakat local dan dibatasi  pada tiga kriteria yaitu kemampuan keberlanjutan usaha, kemampuan menciptakan lapangan kerja, serta kemampuan merangsang pertumbuhan kegiatan ekonomi baru, sehingga sasaran yang ingin peneliti capai adalah teridentifikasinya kemampuan tersebut. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh bahwa kemampuan usaha dalam mendorong perekonomian masyarakat terlihat dari penciptaan pekerjaan dan pertumbuhan usaha baru. Indikator peran usaha kerajinan genteng terhadap perekonomian masyarakat adalah terserapnya tenaga kerja untuk melakukan kegiatan ekonomi baik sebagai tenaga kerja maupun sebagai pengusaha itu sendiri. Kegiatan usaha lain munculnya adalah usaha peracangan, usaha bidang transportasi, usaha mlijo, peluang pemilik tanah liat sebagai bahan baku genteng, dan perubahan konsep petani yang berusaha memanfaatkan lahan pertanian yang tidak produktif menjadi lahan hutan rakyat.
KAJIAN PENGEMBANGAN PDAM DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN AIR PENDUDUK KOTA TARAKAN Sulistyani, Kiki Frida
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 11 No 3 (2015)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1675.887 KB)

Abstract

PDAM Kota Tarakan, pada saat ini baru bisa memenuhi kebutuhan air pelanggannya yaitu sekitra 24,75% dari seluruh penduduk kota Tarakan. Total Kapasitas IPA terpasang di kota Tarakan adalah 900 l/dt, sedangkan yang berfunsi baru 270 l/dt atau 30% nya saja. Kajian pengembagan ini bertujan untuk mengkaji kebutuhan air di kota Tarakan sampai tahun 2035 dan rencana pemenuhan kebutuhan airnya. Untuk memenuhi kebutuhan air, maka dilakukan pencarian lokasi embung / intake di Pulau Tarakan. Didapatkan lokasi yang potensial ada di Sungai Maya, Mangantal, Selayung dan Belalung di Kecamatan Tarakan Utara, Sungai Siaboi, Hanjulung dan Binalatung di Kecamatan Tarakan Tengah dan Sungai Batu Mapan di Tarakan Timur. Rencana optimasi kebutuhan air adalah dengan suplesi dari Tarakan Utara ke Tarakan Barat sebesar 145l/dt, dan suplesi dari Tarakan Tengah ke Tarakan Timur sebesar 110l/dt. Dari skenario tersebut, kota Tarakan masih bisa memenuhi kebutuhan air penduduknya sampai tahun 2035.
ANALISA FAKTOR PENYEBAB PEKERJAAN ULANG PADA PROYEK KONSTRUKSI DI KOTA MALANG Prianto, Kusnul
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 2 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.121 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuifaktor apa sajakah yang menyebabkan pekerjaan ulang pada proyek konstruksi secara umum, mengetahui faktor apa sajakah yang dominan menyebabkan pekerjaan ulang pada proyek konstruksi, mengetahui pengaruh yang signifikan antara faktor dominan penyebab pekerjaan ulang terhadap pekerjaan ulang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survey yang dilakukan pada perusahaan kontraktor di Kota Malang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner. Data sekunder didapat dari hasil studi pustaka yang dapat berbentuk iteratur, jurnal, dan data-data dari lembaga yang berkepentingan dengan penelitian ini, seperti dari asosiasi profesi dan dinas terkait. Faktor-faktor penyebab pekerjaan ulang secara umum adalah: berdasarkan jenis kontrak masing-masing faktor yang menempati prosentase tertinggi adalah: gabungan lumpsum dan pekerjaan ulang (berdasarkan cara pembayaranya), kontrak tahun tunggal (berdasarkan jangka waktu pelaksanaanya), kontrak pengadaan tunggal (berdasarkan jumlah pengguna barang dan jasa), berdasarkan jenisnya adalah proyek bangunan gedung. faktor-faktor dominan penyebab pekerjaan adalah berdasarkan jenis pekerjaan yang paling sering mengalami pekerjaan ulang adalah pekerjaan finishing, dari segi perencaan/desain faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah kesalahan gambar yang terlambat diketahui yang memperoleh prosentase sebesar 65%, dari segi pengawasan dan manajerial faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah spesifikasi bahan/material yang tidak sesuai yang menempati prosentase sebesar 65%, dari segi sumber daya pelaksana konstruksi faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang adalah minimnya pengetahuan sumber daya manusia/pekerja yang menempati prosentase 60%, berdasarkan analisa, ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara faktor yang paling dominan menyebabkan pekerjaan ulang yaitu kesalahan gambar, kesalahan spek bahan dan minimnya pengetahuan SDM, faktor dominan kesalahan gambar menimbulkan pengaruh yang signifikan terhadap pekerjaan ulang (finishing).
PENGARUH FREQUENCY SELECTIVITY PADA SINGLE CARRIER FREQUENCY DIVISION MULTIPLE ACCESS (SC-FDMA) Purnomowati, Endah Budi; Yuwono, Rudy; Rahma, Muthia
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 13 No 1 (2017)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (554.692 KB)

Abstract

Single Carrier Frequency Division Multiple Access (SC-FDMA) merupakan bentuk modifikasi dari pendahulunya yaitu Orthogonal Frequency Division Multiple Access (OFDMA). Selektivitas frekuensi adalah kemampuan penerima untuk membedakan sumber-sumber sinyal yang dirancang untuk beroperasi pada frekuensi yang berbeda dan dalam rentang panjang gelombang tertentu. Analisis yang dilakukan adalah seberapa besar pengaruh selektivitas frekuensi terhadap penginterferensi pada Single Carrier Frequency Division Multiple Access (SC-FDMA). Semakin besar interferensi, maka performansi sistem akan semakin lemah
PENERAPAN PROGRAM DINAMIS UNTUK SIMULASI PERENCANAAN POLA TANAM Ritonga, Alven Safik
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 11 No 2 (2015)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.932 KB)

Abstract

Keterbatasan  air pada sektor pertanian merupakan salah satu kendala untuk memajukan sektor ini. Untuk bisa mengoptimalkan sumber air yang terbatas perlu perencanaan pola tanam yang baik. Pola tanam merupakan ketetapan mengenai jadwal tanam, jenis tanam, dan luas tanam yang diberlakukan di suatu daerah irigasi. Salah satu cara untuk memaksimalkan penggunaan sumber air pada daerah irigasi adalah dengan cara optimasi. Metode optimasi yang digunakan adalah Program Dinamis, karena sesuai dengan permasalahan perencanaan pola tanam yang dipengaruhi oleh waktu tiap musim tanam selama setahun, sehingga perlu penyelesaian secara bertahap. Hasil perencanaan pola tanam dengan optimasi program dinamis berdasarkan curah hujan, kebutuhan air, dan lama tanam tanaman pangan di Kabupaten Lombok Timur, diperoleh proyeksi keuntungan produksi dibandingkan tanpa optimasi sebesar 20,49%.
PENGGUNAAN ALGORITMA PROMETHEE UNTUK PEMILIHAN GURU TELADAN TINGKAT SMU DAN SMK Firmanto, Bayu
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 12 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.46 KB)

Abstract

Dinas Pendidikan Kota memiliki misi meningkatkan mutu pendidikan dengan melakukan program-program peningkatan mutu dalam aspek sarana/prasarana, kurikulum, dan ketersediaan guru berkualitas. Dengan mengadakan penilaian guru teladan dengan tujuan  untuk memberikan dorongan agar para guru dapat berprestasi dalam bidang kompetensi. Survey yang diambil dari Dinas Pendidikan Kota  menyatakan bahwa penilaian guru teladan saat ini dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan Sistem Pendukung Keputusan diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan mempermudah proses seleksi penerima beasiswa. Pada penelitian ini, data pemilihan calon guru teladan yang digunakan meliputi data rapot guru yang berisi nilai orientasi pelayan, integritas, komitmnen, disiplin, kerjasama, kepemimpinan, prilaku kerja dan ahlaq. Metode yang diusulkan dalam menyelesaikan masalah pemilihan guru teladan ini adalah metode Prometheee. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa pemilihan calon guru teladan menghasilkan nilai precision, recall, dan accuracy untuk metode PROMETHEE masing-masing adalah 91,19%, 54.31%, 88,41%. 
ANALISIS PROPERTIS MATERIAL SUNGAI BODRI KAB. KENDAL SEBAGAI BAHAN PEMBENTUK BETON Hakim, Abdul
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 11 No 1 (2015)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (107.89 KB)

Abstract

Beton yang baik adalah beton yang mempunyai sifat-sifat yang baik, yaitu beton memiliki kuat tekan yang baik, mudah dalam pengerjaannya, berdurabilitas dan ekonomis. Selama ini, di daerah Semarang dan sekitarnya masih menggunakan pasir Muntilan  sebagai bahan pembentuk beton karena sifat material yang telah teruji dengan baik. Tujuan penelitian ini  adalah untuk memberikan alternatif material pembentuk beton khususnya pasir dan split dari sungai Bodri sebagai pengganti material pasir dari Muntilan, hal ini dilakukan atas pertimbangan ekonomi yakni jarak Semarang – Kendal lebih dekat dari pada Semarang - Muntilan. Penelitian ini dilakukan dengan tes material baik fisik maupun mekanik di Laboratorium sesuai SNI dan ASTM. Hasil penelitian ini diperoleh hasil gradasi yang baik, soundness 6,5%, berat jenis 1,55, absopsi 5% , berat unit persatuan volum 1,895 g/cm3 dan tingkat keausan hanya 15%.
KAJIAN PENYUSUNAN MANUAL OPERASI DAN PEMELIHARAAN PRASARANA PENGENDALI BANJIR WILAYAH SUNGAI BATANGHARI PROPINSI JAMBI Oktaviansyah, Aulia Rahman
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 12 No 2 (2016)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.586 KB)

Abstract

Banjir adalah suatu fenomena alam yang terjadi bilamana air menggenang di suatu tempat oleh karena luapan air sungai atau sarana penampung kelebihan air lainnya. Perubahan tata guna lahan ini menyebabkan peningkatan run off yang menyebabkan banjir diwilayah tengah dan hilir Wilayah Sungai Batanghari Propinsi Jambi. Dalam mengatasi potensi / ancaman banjir ini sebelumnya telah dibangun berbagai prasarana pengendali banjir yang dibangun tersebar diberbagai wilayah. Namun demikian sampai dengan saat ini kinerja prasarana pengendali banjir belum maksimal, hal ini dikarenakan belum adanya panduan dalam bentuk manual operasi dan pemeliharaan prasarana pengendali banjir, sehingga untuk meningkatkan kinerja prasarana pengendali banjir dibutuhkan manual operasi & pemeliharaan prasarana pengendali banjir.  Operasi prasarana banjir dilakukan melalui kegiatan pengaturan dan pengalokasian air sungai dalam rangka pengelolaan banjir. Operasi prasarana banjir dalam rangka penggunaan air sungai meliputi : a) penyusunan rencana alokasi air global/tahunan (raag); b) penetapan alokasi air; c)penyusunan rencana alokasi air detail (raad); d) pelaksanaan alokasi air; e) pengawasan; dan f) monitoring dan evaluasi. operasi prasarana banjir dalam rangka pengelolaan banjir meliputi: a) penyusunan sop banjir; b) penyiapan bahan banjiran; c)    penyiapan peralatan; d) monitoring banjir; e) pemantauan lokasi kritis dan daerah rawan banjir; dan f) melaksanakan tindakan darurat bersama instansi terkait dan masyarakat. pemeliharaan untuk pencegahan kerusakan atau penurunan prasarana banjir dilakukan melalui: a) pengamanan ; b) pengendalian sampah ; c) pemeliharaan rutin ; d) pemeliharaan berkala yang bersifat perawatan; e) pembatasan pemanfaatan sungai; f) perbaikan terhadap kerusakan prasarana banjir
STUDI LITERATUR PENGARUH PENGGUNAAN LAHAN TERHADAP KUALITAS AIR Setyowati, Rr Diah Nugraheni
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 12 No 1 (2016)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.43 KB)

Abstract

Penggunaan lahan merupakan hasil akhir dari setiap bentuk campur tangan kegiatan (intervensi) manusia terhadap lahan dipermukaan bumi yang bersifat dinamis dan berfungsi untuk memenuhi kebutuhan hidup baik meterial maupun spiritual (Arsyad, 1989). Kualitas air adalah istilah yang menggambarkan kesesuaian atau kecocokan air untuk penggunaan tertentu, misalnya: air minum, perikanan, pengairan/irigasi, industri, rekreasi dan sebagainya. Peduli kualitas air adalah mengetahui kondisi air untuk menjamin keamanan dan kelestarian dalam penggunaannya. Penggunaan lahan dapat menurunkan kualitas air, meningkatkan volume dan kecepatan air permukaan, meningkatkan frekuensi air banjir, meningkatkan aliran air dua kali lebih besar dari hutan alam, menyebabkan hilangnya bahan material dan mengakibatkan penurunan air tanah.Oleh karenanya dilakukan studi literatur dari beberapa penelitian mengenaipengaruh penggunaan lahan terhadap kualitas air.Penggunaan lahan disini meliputi penggunaan lahan hutan, pertanian, pemukiman dan industri.Berkurangnya penggunaan lahan hutan seluas 186 ha atau berkurang 3,7%, lahan permukiman meningkat dengan luas 35 ha atau 2,1%, lading atau tegalan meningkat seluas 53 ha atau 3,9%, berpengaruh terhadap penurunan kualitas air.Penggunaan lahan yang ditandai dengan aktivitas masyarakat yaitu permukiman, pertanian dan industri telah memberikan sumbangan bahan organik sehingga mempengaruhi kualitas air.
ANALISIS MESIN PENGGERAK PEMBANGKIT LISTRIK DENGAN BAHAN BAKAR BIOGAS Subagyo, Tulus
SISTEM Jurnal Ilmu Ilmu Teknik Vol 10 No 3 (2014)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Wisnuwardhana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (175.886 KB)

Abstract

Pembangkit listrik tenaga biogas Bahan bakar utama dari motor penggerak untuk menggerakkan generator adalah biogas sebagai pengganti bahan bakar bensin. Modifikasi yang perlu dilakukan adalah dengan penggantian karburasi standar dengan karburasi buatan agar lebih mudah didalam mengatur perbandingan saluran masuk udara & biogas, selain itu juga diperlukan penggantian koil untuk memperbesar pengapian dan juga memperbesar kompresi. Dalam biogas terdapat kandungan H2S dan H2O yang dapat memperpendek umur mesin sehingga kandungan tersebut harus dikurangi dengan cara pencucian. Perbadingan bahan bakar biogas dan bahan bakar premium yang digunakan untuk menghidupkan mesin penggerak dan generator listrik, dengan mengetahui daya, torsi, dan tekanan efektif rata-rata.

Page 1 of 18 | Total Record : 173