Bianglala Informatika : Jurnal Komputer dan Informatika Akademi Bina Sarana Informatika Yogyakarta
Vol 7, No 2 (2019): Bianglala Informatika 2019

Rancang Bangun Mobile Learning Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta dengan Metode Prototyping

Wahyu Eko Susanto (Universitas Bina Sarana Informatika)
Agustina Shintaningrum Wijaya (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Abstract  - Smartgama Yogyakarta is one of the developing non-formal educational institution which is still implementing a conventional teaching-learning system. It has not maximized the utilization of technology in its system so that a system design solution which facilitates and optimizes the teaching and learning activities in it is needed. The purpose of this research is to create an alternative design of mobile learning application at Smartgama Yogyakarta Tutoring Institution.  Prototype method is applied on this research. It began by collecting system requirement based on its staff’s, tutors’ and students’ complaints, continued by designing and prototype making of the mobile learning system which ended up by a trial toward the mobile learning prototype itself This research implement the Unified Modeling Language (UML) to describe the system design which will be created. With the design of the information system of mobile learning application, it can be both a solution to facilitate the teaching learning activities and also a supporting facility for the institution so that it may have the opportunity to compete with the other institutions. Keywords: Mobile Learning, Information System, UML, Prototype Abstrak - Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang sedang berkembang yang masih menggunakan sistem belajar mengajar secara konvensional. Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta belum memanfaatkan teknologi dengan maksimal sehingga diperlukan sebuah solusi rancangan sistem yang dapat mempermudah dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar pada lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah alternatif rancangan aplikasi mobile learning pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta. Penelitian ini menerapkan metode prototipe. Metode ini diawali dengan mengumpulkan kebutuhan sistem berdasarkan keluhan staf, tutor dan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta dan dilanjutkan dengan merancang dan membuat prototipe sistem mobile learning dan diakhiri dengan uji coba terhadap prototipe mobile learning yang telah dibuat. Penelitian ini juga menggunakan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan rancangan sistem yang akan dibuat. Dengan adanya perancangan sistem informasi aplikasi mobile learning ini dapat menjadi solusi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar dan dapat menjadi fasilitas penunjang bagi Lembaga Bimbingan Smartgama Yogyakarta sehingga mampu bersaing dengan lembaga-lembaga lainnya. Kata kunci : Mobile Learning, Sistem Informasi, UML, Prototype

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Bianglala

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JURNAL BIANGLALA INFORMATIKA telah memiliki ISSN baik versi cetak maupun online. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, dan Sistem Penunjang ...