Tujuan pengembangan Lembar kerja siswa (LKS) yaitu menciptakan sebuah LKS tematik yang mencakup empat keterampilan berbahasa dan meningkatkan kompetensi profesional guru dalam merancang proses pembelajaran dan menjadikan LKS tematik ini produk khusus pembelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengembangkan LKS peneliti mengunakan model 4D meliputi: "Tahap pendefinisian yaitu Analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan analisis Siswa; tahap Perancangan yaitu Penyusunan Tes kegiatan lesson study mulai dilakukan yaitu perencanaan, uji coba atau LKS digunakan siswa, kemudian dilihat; Tahap Pengembangan dilakukan setelah lesson study, selanjutnya penyebaran dilakukan di dua sekolah dasar. Hasil yang diperoleh guru mampu menciptakan LKS tematik bahasa Indonesia yang valid dan praktis pada kegiatan lesson study sehingga LKS tematik bahasa Indonesia ini dapat dinyatakan valid dan paktis digunakan di kelas V sekolah dasar khusus pembelajaran bahasa Indonesia tema 1. The purpose of Student worksheet development (LKS) is to create a LKS that includes four language skills and improves the professional competence of teachers in designing the learning process and making this thematic LKS a learning-specific product Indonesian language. To develop LKS researchers using models 4D include: "The definition of necessity analysis, curriculum analysis, and student analysis; Planning phase is the test preparation activity lesson study started to be done planning LKS used students, then seen; The development stage is done after the lesson study, then the spread is done in two elementary schools. The results obtained by the teacher was able to create a valid and practical LKS Indonesian language Thematic in the lesson study so that the Indonesian thematic LKS can be declared valid and the Paktis used in class V elementary School language learning Indonesia Theme 1
Copyrights © 2020