Jurnal Cakrawala Pendas
Vol 5, No 2 (2019): July

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Hany Uswatun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak guru yang belum memaksimalkan pembelajaran seperti mengembangkan bahan pembelajaran yang dibutuhkan. Bahan ajar berupa buku teks merupakan salah satu media yang memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan prosedur penelitian yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) Pengembangan bahan ajar (3) validasi bahan ajar yang telah dikembangkan. Hasil tes keterbacaan dari bahan ajar ini juga menunjukkan bahwa kriteria keterbacaan mudah dipahami dengan nilai rata-rata siswa menjadi 88%. Berdasarkan paparan penelitian yang telah dilakukan, pengembangan materi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah dasar berbasis kontekstual dinyatakan valid. Kata kunci: Bahan Ajar,  Kontekstual

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

CP

Publisher

Subject

Education

Description

urnal Cakrawala Pendas adalah media publikasi civitas akademika dalam bidang Pendidikan Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas merupakan jurnal ilmiah yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil kajian serta penelitian Dosen, mahasiswa, guru, praktisi, dan ilmuwan di bidang pendidikan dasar yang meliputi ...