Jurnal Akuatika Indonesia
Vol 2, No 1 (2017): Jurnal Akuatika Indonesia (JAkI)

Rekayasa Maturasi Menggunakan Hormon Oodev Terhadap Ikan Synodontis (Synodontis Sp)

Yudha Lestira Dhewantara (Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI)
Firsty Rahmatia (Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan USNI)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2017

Abstract

Pematangan gonad merupakan salah satu fase penting pada siklus reproduksi ikan.Upaya hormonal memang bisa mempercepat proses pematangan dan pemijahan serta membantu pemijahan ikan yang sulit memijah bila tidak berada dalam habitatnya. Ikan synodontis memang mampu memijah sepanjang tahun. Namun, masalah yang muncul adalah kualitas hasil pemijahannya yang tidak selalu sama atau stabil, salah satu contoh hormon yang bisa digunakan adalah oodev yang mengandung Pregnant Mare Serum Gonadotropin (PMSG), hormon ini banyak mengandung unsur daya kerja Folicle Stimulating Hormone (FSH) yang berperan dalam pematangan gonad awal atau vitelogenesis. Penyerapan vitelogenin akan membuat oosit mencapai ukuran tertentu yang kemudian siap untuk diovulasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penyuntikan oodev terhadap kinerja reproduksi dan maturasi ikan synodontis. Calon induk ikan synodontis diberi perlakuan dengan injeksi hormonal dengan: K1 (tanpa pemberian hormon/kontrol), A1 (Dosis 0,5 mL/kg), A2 (Dosis 1 mL/kg), A3 (Dosis 1,5 mL/kg), dan A4 (2 mL/kg). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Induksi maturasi ikan synodontis dapat dilakukan dengan penyuntikkan OODEV (1,5 mL/kg bobot tubuh) sebanyak empat kali secara berkala selama empat minggu. 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

akuatika-indonesia

Publisher

Subject

Energy Environmental Science Health Professions Immunology & microbiology Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Akuatika Indonesia berisi tulisan ilmiah untuk bidang ilmu hewan dan zoologi yang mencakup aspek budidaya perikanan, bioteknologi perikanan, pengelolaan sumberdaya perikanan, sosial ekonomi perikanan, teknologi hasil perikanan, perikanan tangkap dan oseanografi. Akhir kata semoga kehadiran ...