PAUDIA: JURNAL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Vol 8, No 2 (2019): Desember 2019 : PAUDIA (Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini

PENANAMAN KARAKTER MELALUI LAGU-LAGU NASIONAL DI PAUD PELITA HARAPAN BANGSA KOTA TEGAL

Paulus Widjanarko (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2019

Abstract

Penanaman Karakter melalui lagu Nasional di PAUD Pelita Harapan Bangsa memiliki tujuan untuk memperkenalkan lagu-lagu nasional, karena lagu-lagu tersebut sarat dengan nilai-nilai positif dan pesan moral di dalamnya. Nilai moral yang disisipkan dalam lirik lagu nasional mengandung semangat nasionalisme yang dapat menjadi modal dasar pembentukan karakter.Penanaman nilai moral yang terdapat pada lirik-lirik lagu nasional memberi arti tentang semangat nasionalisme yang dapat menjadi modal paling dasar dalam pembentukan karakter. 18 nilai-nilai dalam pendidikan karakter yang menjadi pedoman Pelita Harapan Bangsa yaitu: Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa Ingin Tahu, Semangat Kebangsaan, Cinta tanah air, Menghargai prestasi, Bersahabat/komunikatif, Cinta Damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial dan Tanggung jawab. Melalui lagu Nasional, peserta didik juga diajarkan mengenai berbagai perbedaan suku dan budaya misalnya pada lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang menjelaskan bahwa di Indonesia terdapat berbagai keanekaragaman dan persatuan bangsa, lagu Ibu Kita Kartini yang menjelaskan tokoh pahlawan wanita, Hari Merdeka yang menjelaskan hari kemerdekaan Indonesia, Garuda Pancasila yang menjelaskan lambang negara dan lain sebagainya.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paudia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

PAUDIA is scientific journal about early childhood education; it hereby states that the publication of the articles is true research outcomes and it is scientifically. PAUDIA is a scientific journal about early childhood education. It belongs to PG PAUD Program of Science Education Faculty in ...