Indonesian Journal Of Civil Engineering Education
Vol 1, No 2 (2015): Indonesian Journal of Civil Engineering Education

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN ONLINE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 SUKOHARJO

Wicaksono, Wiji (Unknown)
Sutrisno, Sutrisno (Unknown)
Murtiono, Eko Supri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat kelayakan modul pembelajaranonline sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X di SMK Negeri 2 Sukoharjo. 2) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan modul pembelajaran online sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Gambar Teknik kelas X di SMK Negeri 2 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment). Validitas media menggunakan lembar kelayakan ahli materi dan ahli media. Uji coba media dilakukan pada siswa kelas X TGB B di SMK Negeri 2 Sukoharjo dengan jumlah 32 siswa. Peningkatan hasil belajar siswa diketahui dengan membandingkan hasil pretest dengan post test. Perbandingan nilai tes dilakukan dengan menggunakan rumus t test dengan taraf kesalahan 1%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Persentase kelayakan media: (a) Berdasarkan ahli materi 1 dan 2 78,49% dan 74,23%; (b) Berdasarkan ahli media 72,63%; (c) Berdasarkan pendapat siswa 74,73%. 2) Peningkatan hasil belajar siswa: (a) Peningkatan ketuntasan antara pre test dengan post test yaitu sebesar 31,25%. (b) Hasil nilai t antara pre test dengan post test menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,318 > 2,4536). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dengan post test. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Kata kunci: media pembelajaran, kelayakan media, hasil belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

ijcee

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Education

Description

The Indonesian Journal of Civil Engineering Education (IJCEE) is a scientific journal promoting the study of, and interest in, civil engineering education. It is a national journal published by the Civil Engineering Education Department, Faculty of Teacher Training and Education, Sebelas Maret ...