Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori. Kemampuan berpikir kreatif siswa sangat penting untuk ditingkatkan agar siswa dapat menyelesaikan permasalahan matematika dengan beraneka ragam. Desain penelitian ini dilaksanakan dengan metpde eksperimen dimana populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Pinangsori dengan jumpal peserta didik 217. Kelasnya terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini yang diambil secara cluster random sampling adalah kelas VIII-C dengan 32 peserta didik. Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan gambaran penggunaan model PBM diperoleh nilai rata-rata 3,5 berada pada kategori “sangat baik”. Gambaran kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model PBM diperoleh rata-rata 50 berada pada kategori “kurang”. Kemampuan berpikir kreatif siswa sesudah menggunakan Model PBM diperoleh nilai rata-rata 77,96 berada pada kategori “baik”. Berdasarkan analisis uji normalitas dan uji homogenitas diketahui bahwa untuk pretest dan posttest berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikan 0,000 dengan taraf signifikan 5% dengan dk = 31. Apabila nilai signifikan dibandingkan dengan 0,05 yaitu 0,000 maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya “efektifnya model PBM terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 1 Pinangsori”.
Copyrights © 2018