JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 6 No 1 (2017): Vol.6. No. 1. Agustus 2017

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DI SMPN 8 PADANGSIDIMPUAN

Roslian Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis Siswa di SMPN 8 Padangsidimpuan. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMPN 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 271 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut yang terpilih kelas VIII-1 yang berjumlah 28 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain One Group Pretest posttest, yakni untuk melihat kemampuan spasial matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Tes. Untuk menganalisis data digunakan Analisis butir soal, deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata Penggunaan Model Pembelajaran MMP yaitu 8 termasuk dalam kategori Sangat Baik. Kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran MMP nilai rata-rata 60,51 termasuk dalam kategori Cukupsetelah menggunakan model pembelajaran MMP mencapai nilai rata-rata sebesar 85,41 termasuk dalam kategori Baik Sekali. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,005. Besarnya Keefektivan model pembelajaran MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa dengan presentasi 0,63 masuk dalam kategori Sedang. Artinya terdapat efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Missouri MMP terhadap kemampuan spasial matematis siswa di SMPN 8 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...