Jurnal Bahasa Lingua Scientia
Vol 2, No 2 (2010)

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENGGUNAAN MEDIA AUDIO-VISUAL

Yanti, Yuli (SMA Negeri 7 Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan disain penelitan tindakan kelas (PTK). Masalah utama penelitian ini adalah ?Bagaima­nakah peningkatan kemampuan menulis deskripsi melalui penggunaan media audio-visual pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Malang? Sejajar dengan masalah tersebut, tujuan utama penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan me­­nulis deskripsi melalui media visual pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Malang. Penggunaan media-audio visual dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa secara keseluruhan, yaitu dari siklus 1 yang berata-rata 59,3 men­jadi 69,2. Siswa yang mencapai SKBM pada siklus 1ada 9 siswa atau 33,3% dan pada siklus 2 menjadi 16 sis­wa atau 59,3%. Peningkatan ini juga dapat dicermati untuk masing-masing tahap menulis deskripsi. Peningkatan kemampuan menulis deskripsi pada tahap prame­nulis terlihat dari rata-rata 85,2 pada siklus 1 dan 86,4 pada siklus 2. Kemampuan me­nulis deskripsi pada tahap pemburaman juga meningkat, yaitu dari siklus 1 yang berata-rata 67,6 menjadi 68,5 pada siklus 2. Demikian juga kemampuan menulis deskripsi pada tahap per­baikan, yaitu meningkat dari siklus 1 yang berata-rata 67,6 menjadi 68,5 pada siklus 2.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

ls

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Lingua Scientia Language Journal (JBLS) is an OJS-based language journal (Open Journal System) containing of high quality articles published by Center for Language Development of IAIN Tulungagung in June and November each year. Lingua Scientia Language Journal which has a printed ISSN 2086-1753 and ...