Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa
Vol 1, No 2 (2013): Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa

RESTAURANT REVENUE MANAGEMENT: IMPLEMENTASI DI RESTORAN “X” SURABAYA

Hendra Wijaya (Unknown)
Rizky Nugroho Adji (Unknown)
Sienny Thio (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2013

Abstract

Restaurant Revenue Management merupakan aplikasi dari sistem informasi dan strategi harga yang menjual tempat yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat dan dalam jangka waktu yang tepat. Pengimplementasian restaurant revenue management dilakukan melalui tiga langkah yang bertujuan untuk mengidentifikasikan dan menyelesaikan permasalahan yang muncul dengan penggunaan dari strategi restaurant revenue management. Dalam pengimplementasiannya dilakukan langkah pertama yaitu menetapkan baseline yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan restoran “X” yaitu average check, seat occupancy, RevPASH serta meal duration. Dilanjutkan dengan penerapan langkah kedua yaitu memahami drivers yang bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang ada berdasarkan langkah pertama dengan menggunakan fishbone diagram, lalu dilanjutkan dengan penerapan langkah ketiga yaitu membuat strategi revenue management yang bertujuan untuk memberikan strategi untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang sudah teridentifikasi pada langkah kedua di Restoran “X” Surabaya 

Copyrights © 2013