Penelitian inimenerapkanmetode fuzzydengan pendekatan logika fuzzy mamdani dalam mengevaluasi kinerja petugas kesehatan puskesmas yang didasarkan kualitas pelayanan.Penilaiain evaluasi kinerja dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap pasien yang kemudian dianalisis dengan tahapan-tahapan metode logika Fuzzy. Variabel input yang digunakan adalah persepsi (kenyataan) dan harapan sedangkan variable output adalah evaluasi kinerja yangditerapkan dengan metode fuzzy Mamdani menggunakan aplikasi MATLAB. Gap antar semua dimensi bernilai negatif. Nilai gap yang paling besar berada pada dimensi reliability sebesar -1,7. Pembentukan aturan inferensi fuzzy mamdani didasarkan pada penghitungan nilai kualitas pelayanan yaitu selisih antara persepsi dan harapan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh evaluasi kinerja petugas kesehatan yang diaplikasikan melalui software Matlab berada dalam kategori rendah dengan rata-rata 28,1.Dengan demikian pelayanan petugas kesehatan puskesmas masih belum mampu memenuhiharapan pasien.
Copyrights © 2019