Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kognitif dengan pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 6 dan XI MIA 7 di SMAN 2 Cibinong sebanyak 96 orang. Penelitian dilaksanakan berdasarkan permasalahan kemampuan seseorang dalam menerima dan mengolah informasi yang melebihi kemampuan kapasitas memori kerja yang dimiliki akan menimbulkan beban kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Beban kognitif siswa pada materi hidrolisis garam tergolong tinggi. Hasil uji hipotesis dengan Spearman Rank diperoleh hubungan negatif yang signifikan antara pemahaman konsep dengan beban kognitif siswa, sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi beban kognitif maka akan semakin rendah pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Beban kognitif, hidrolisis garam, pemahaman konsep
Copyrights © 2019