Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK)
Vol 9 No 1 (2019): Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), Volume 9 Nomor 1 (2019)

Hubungan antara Pemahaman Konsep dengan Beban Kognitif Siswa pada Materi Hidrolisis Garam

Zahara Sabilla (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)
Achmad Ridwan (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)
Yusmaniar Yusmaniar (Program Studi Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, Rawamangun 13220, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara beban kognitif dengan pemahaman konsep siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1, XI MIA 6 dan XI MIA 7 di SMAN 2 Cibinong sebanyak 96 orang. Penelitian dilaksanakan berdasarkan permasalahan kemampuan seseorang dalam menerima dan mengolah informasi yang melebihi kemampuan kapasitas memori kerja yang dimiliki akan menimbulkan beban kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Beban kognitif siswa pada materi hidrolisis garam tergolong tinggi. Hasil uji hipotesis dengan Spearman Rank diperoleh hubungan negatif yang signifikan antara pemahaman konsep dengan beban kognitif siswa, sehingga dapat disimpulkan semakin tinggi beban kognitif maka akan semakin rendah pemahaman konsep siswa. Kata kunci: Beban kognitif, hidrolisis garam, pemahaman konsep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jrpk

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK) is the journal for teachers, researchers and other practitioners at all levels of chemistry education. It is published electronically two times a ...