Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching
Vol 7 No 1 (2018): Lisanul Arab

ISM AL-TAFDHĪL DALAM ALQURAN JUZ 1 SAMPAI 10 (ANALISIS MORFOSINTAKSIS)

Suryani, Anis (Unknown)
Hasyim, Mohamad Yusuf Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2018

Abstract

Ism al-tafdhῑl merupakan sifat yang dibentuk dengan mengikuti wazan أَفْعَ لُ untuk mudzakar danفعْلى untuk muannats yang menunjukkan bahwa ada dua hal yang bersekutu akan tetapi salah satumelebihi yang lain dalam sifatnya. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan istilah tingkatperbandingan sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah degree of comparation. Ism altafdhῑlini bersifat unik, artinya memiliki karakteristik yang berbeda dengan bahasa lainnya dalamproses dan aturan pembentukannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis ismal-tafdhῑl, fungsi sintaksis sekaligus penanda gramatikal ism al-tafdhῑl yang terdapat dalam Alquranjuz 1 sampai 10. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian libraryresearch. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi dengan kartudata dan lembar rekapitulasi sebagai instrumen penelitiannya, sedangkan proses pengambilansampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpose sampling. Adapun analisis datanyadilakukan dengan menggunakan teknik agih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ism al-tafdhῑldalam Alquran juz 1 sampai 10 secara keseluruhan berjumlah 194. Dari semua data tersebut,peneliti memilih 100 untuk dianalisis secara maksimal. Berdasarkan perubahan morfologisnya,terdapat 84 data perubahannya. Berdasarkan jenis pola strukturnya, terdapat 66 data tidak berupamurakkab idhāfi dan tidak dibubuhi. Berdasarkan jenis tingkat perbandingannya, terdapat 66 datakomparatif dan 34 data superlatif. Berdasarkan fungsi sintaksisnya, terdapat terdapat 53 datamenempati fungsi sintaksis khabar. Ism al-tafdhῑl is an adjective formed by following wazan (pattern) أَفْعَ لُ for masculinity and فعْلَى for femininitythat show two things have a same characteristic but one of them exceeds more than the others in that trait. InIndonesian is called tingkat perbandingan and in English is called degree of comparation. Ism al-tafdhῑl isunique, it has different characteristics from other languages in the proses and its formation. The purpose of thisresearch is to know type of ism al-tafdhῑl on the Koran from juz 1 to 10. This research is a qualitative researchwith design library research. Data aggregation of this research use documentation method with data card andrecapitulation thread in instrument while selection of sample data use purpose sampling method. Data analysisin this research use distributional method. The result of this research, shows that there are 194 ism al-tafdhῑl onthe Koran from juz 1 to 10. From all of the datas, researcher chose 100 datas to be analalyzed. Based onmorphological changes, there are 84 datas change from the basic word. Based on the syntactic structure, thereare 66 datas are not relied on other word and affixed. Based on the type of comparation, there are 66 datas arecomparative and 34 data are superlative. Based on the type of comparation, there are 66 datas are comparativeand 34 data are superlative. Based on syntax functions, there are 53 datas as khabar.

Copyrights © 2018