JCPS (Journal of Current Pharmaceutical Sciences)
Vol 3 No 1 (2019): September 2019

TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK “X" BANJARMASIN

Siti Fadhilah (Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin)
Herda Ariyani (Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin)
Faisal Rahman (Program Studi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2019

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang baik tentunya berorientasi langsung kepada konsumen sehingga menjamin keamanan, efektifitas dan kerasionalan penggunaan obat. Penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek “X” Banjarmasin. Metode penelitian ini bersifat deskriptif rancangan penelitian deskriptif dengan pengambilan sampel secara accidental sampling. Pengambilan data dilakukan secara langsung melalui wawancara menggunakan kuesioner kepada 100 orang konsumen. Analisis pelanggan dilakukan dengan lima dimensi kualitas layanan. Penelitian menunjukkan bahwa pada semua dimensi kualitas pelayanan baik tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dalam kategori kurang puas. Yakni berturut turut persentase skor rata-rata sebanyak 54,2; 47,9; 44;9 54,8; 49.8.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jcps

Publisher

Subject

Medicine & Pharmacology

Description

Journal of Current Pharmaceutical Sciences is a scholarly journal and expects to Publish articles related to the science of pharmaceutical science became the main focus of the problem at this time. This journal may publish research results as well as the results of theoretical studies and reviews. ...