JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology
Vol. 1 No. 2 (2018): JEMST Vol 1 No 2 2018

Pengaruh Penggunaan Papan Buletin dalam Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match (ICM) terhadap Kompetensi Kognitif Siswa SMA

Diah Putri Anggun (Pendidikan Biologi UIN Raden Fatah Palembang)
Heffi Alberida (Unknown)
Ardi - (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan papan buletin dalam model pembelajaran aktif tipe ICM terhadap kompetensi kognitif siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi siswa Kelas XI IPA SMA. Sampel adalah Kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol, yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah the static group comparison design. Instrumen yang digunakan berupa seperangkat tes hasil belajar untuk mengukur kompetensi kognitif yang dilakukan di akhir penelitian. Hasil analisis data pada kompetensi kognitif, didapatkan thitung 1,73 dan ttabel 1,67 dengan demikian thitung > ttabel, berarti hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh berarti penggunaan papan buletin dalam model pembelajaran aktif tipe ICM terhadap kompetensi kognitif siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jemst

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

JEMST: Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology are novelty, quality, and general interest in research and studies of Education. JEMST is a journal that contains the results of research and studies in Mathematics Education: topics of didactic development research (DDR), research ...