YUME : Journal of Management
Vol 2, No 3 (2019)

PENGARUH KUALITAS LAYANAN DAN ETIKA KERJA TERHADAP KEPUASAN NASABAH MEGAFIRST PADA PT. BANK MEGA Tbk. (PERSERO) (Studi Empiris Pada Kantor Cabang Pembantu Makassar Veteran Selatan)

ZULKIFLI SULTAN (UMI)
TAUFAN KURNIAWAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2019

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menganalisis pengaruh kehandalan terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 2. Untuk menganalisis pengaruh daya tanggap terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 3. Untuk menganalisis pengaruh jaminan terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 4. Untuk menganalisis pengaruh empati terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 5. Untuk menganalisis pengaruh penampilan/bukti fisik terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 6. Untuk menganalisis pengaruh etika kerja terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. 7. Untuk mengatahui dan menganalisis faktor mana yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega (Persero) Makassar. Metodologi penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara serta pemberian angket sebagai penjelas untuk peryataan/pertanyaan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulan adalah: 1) a. Kehandalan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, b. Daya tanggap berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, c. Jaminan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, d. Empati berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, e. Penampilan/Bukti fisik berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, f. Etika kerja berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar, g. Jaminan yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar. 2) Berdasarkan hasil analisis di atas, telah teruji secara simultan kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, penampilan/bukti fisik, dan etika kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah MegaFirst pada PT. Bank Mega Tbk. Persero di Makassar. Kata Kunci      : Kualitas Layanan, Etika Kerja dan Kepuasan Nasabah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Library & Information Science

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...