Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic
Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Ilmiah Pendidikan Scholastic

Hasil Belajar Keterampilan Psikomotor Melalui Pembelajaran Sains Dengan Menggunakan Metode TTW Pada Siswa SDN 018 Alang Laweh Padang

Susi Yuliastanty (Universitas Ekasakti)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar keterampilan psikomotor sains Fisika siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 018 Alang Laweh Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar keterampilan psikomotor. Hasil analisis data secara deskriptif menunjukkkan bahwa daya serap rata-rata siswa adalah 95% dengan kategori amat baik, efektivitas pembelajran 95% dengan kategori sangat efektif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal adalah 100% dengan kategori tuntas, dan ketuntasan materi pelajaran adalah 100% dengan ketegori tuntas. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran Think Talk Wrute (TTW) pada meteri pokok cahaya sangat efektif digunakan untuk pembelajaran fisika di SDN 018 Alang Laweh Padang pada aspek hasil belajar keterampilan psikomotor.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic merupakan Jurnal tentang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan scholastic (JIPS) Menerbitkan jurnal ilmiah secara berkala pada bulan April, Agustus dan Desember. JIPS menerbitkan makalah penelitian, makalah Pendidikan. Edisi pertama JIPS diterbitkan pada tahun ...