Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran teams games tournament berbantu media question card untuk meningkatkan pemahaman Tema Kayanya Negeriku siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 yang berjumlah 20 siswa tahun ajaran 2018/2019. Instrumen yang digunakan yang digunakan adalah (1) observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji hipotesis (uji-t), dan uji N-Gain. Uji N-Gain digunakan untuk menghitung kemampuan pemahaman tematik siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai posstest setelah diberi perlakuan dibandingkan nilai pretest sebelum diberikannya perlakuan. Hal tersebut dibuktikan pada analisis uji t hasil belajar dengan nilai thitung sebesar 4,36 dan ttabel sebesar 2,022 dengan taraf signifikan 5%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa model teams games tournament berbantu media question card efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman tematik siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 Batang. Hal tersebut diperkuat dengan Uji N-Gain yang menyatakan peningkatan pemahaman tematik siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 14 Batang berada dalam kriteria sedang dengan presentase 80%.Kata Kunci: Team Games Tournament, Question Card, Pemahaman Tematik
Copyrights © 2019