Jurnal Medika Malahayati
Vol 2, No 1 (2015): Volume 2 Nomor 1

PERBEDAAN TINGKAT KONSENTRASI SERTA PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DENGAN YANG TIDAK MENGIKUTI BIMBINGAN BELAJAR DI SMP NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG 2015

Octa Reni Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2019

Abstract

Latar belakang : Belajar merupakan factor yang penting sebagai upaya mencapai tujuan pendidikan. Prosespembelajaran membutuhkan konsentrasi, sebab tanpa konsentrasi belajar maka pristiwa belajar itu sesungguhnya tidakada atau tidak berlangsung. Untuk mencapai keberhasilan dalam belajar ada dua faktor yang mempengaruhi, yaitufaktor intern dan faktor ekstern, adapun dari faktor-faktor tersebut yang akan dibahas pada penelitian ini adalah faktor internyaitu tingkat konsentrasi dan faktor ekstern yaitu sekolah dan bimbingan belajar.Tujuan Penelitian : Mencari perbedaan tingkat konsentrasi serta prestasi belajar antara siswa yang mengikutibimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar.Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini bersifat analitik denganpendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan mulai Februari 2015 sampai April 2015 di SMPN 2 Bandar Lampung.Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII, sampel berjumlah 82 siswa. Analisis bivariat yang digunakan dalam penelitian iniadalah Independent T-Test dengan batas kemaknaan 0,05.Hasil Penelitian : Hasil rata-rata tingkat konsentrasi siswa yang mengikuti bimbingan belajar adalah 8,12 dan siswayang tidak mengikuti bimbingan belajar adalah 7,39. Hasil rata-rata prestasi belajar siswa yang mengikuti bimbingan belajaradalah 170,91 dan siswa yang tidak mengikuti bimbingan belajar adalah 167,33. Hasil uji statistik tingkat konsentrasi pvalue= 0,041 (≤ 0,05) dan hasil uji statistik prestasi belajar p-value =0,001(≤0,05) yang berarti bahwa ada perbedaantingkat konsentrasi serta prestasi belajar antara siswa yang mengikuti bimbingan belajar dengan yang tidakmengikuti bimbingan belajar.Kesimpulan : Terdapat perbedaan tingkat konsentrasi serta prestasi belajar antara siswa yang mengikutibimbingan belajar dengan yang tidak mengikuti bimbingan belajar di SMPN 2 Bandar Lampung. Siswa yang mengikutibimbingan belajar memiliki tingkat konsentrasi serta prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang tidak mengikutibimbingan belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

medika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Health Professions Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Medika Malahayati (JMM) merupakan jurnal peer-review, multidisiplin dan ilmiah yang menerbitkan artikel ilmiah yang relevan dengan masalah kesehatan nasional, bidang Kedokteran Dasar; Kedokteran Klinis; Kedokteran Molekuler; Kedokteran Forensik; Kesehatan Psikologi; Pendidikan Kedokteran; ...