Menara Ilmu
Vol 13, No 2 (2019): Vol. XIII No. 2 Januari 2019

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NOS (NATURE OF SCIENCE) PADA SISWA XI MIPA2 SMA NEGERI 1 SAWAHLUNTO

Ermiwati Ermiwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkanaktivitas dan hasil belajar siswa melalui Pembelajaran berbasis NOS (Nature of Science). Subjekpenelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Sawahlunto kelas XI MIPA 2 semester 1 tahun pelajaran2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran berbasis NOS (Nature of Science)dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajarsiswa. Dari hasil observasi 12 indikator aktivitas belajar, diperoleh rerata pada siklus I 69,56%meningkat pada siklus II dengan rerata 81,13%, berarti mengalami peningkatan 11,57%. Hasilbelajar yang diperoleh dari ketuntasan belajar siswa pada siklus I 86,21% pada siklus II menjadi93,10 meningkat 6,21. Begitu juga dengan rerata nilai tugas, lembar kerja siswa dan tes pada siklusI 93,11% meningkat pada siklus II menjadi 96,55%, berarti meningkat 3,44.Kata Kunci: Peningkatan Aktivitas, Hasil belajar, Pembelajaran berbasis NoS (Nature of Science).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...