Menara Ilmu
Vol 13, No 8 (2019): Vol. XIII No. 8 Juli 2019

THE USE OF THINK TALK WRITE (TTW) TO IMPROVE STUDENTS’ WRITING SKILL OF NARRATIVE TEXT AT GRADE VIIIA SMPS JOHAN SENTOSA

Widya Sandi, Gusparia (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan beberapa gejala, yaitu sebagian siswa kurang tertarik dalam belajar tentang teks naratif, sebagian siswa masih mendapatkan kesulitan dalam menulis kalimat, kurang mempunyai kosakata bahasa inggris dan para siswa tidak tertarik untuk menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dapat Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Materi Teks Naratif Dikelas VIIIA SMPS Johan Sentosa dan Apa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perubahan Kemampuan Menulis Siswa Pada Materi Teks Naratif Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dikelas VIIIA SMPS Johan Sentosa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Penggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Materi Teks Naratif Dikelas VIIIA SMPS Johan Sentosa.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dimulai dari 09 Juli 2018. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan observasi, tes, catatan lapangan dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIyang berjumlah 25 siswa. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes.Berdasarkan perhitungan pada tes pertama pada siklus I rata-rata adalah 72,00. Selanjutnya, pada tes kedua pada siklus II rata-rata adalah 79,36.Jadi dengan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi pelajaran naratif text dikelas VIIIA SMPS Johan Sentosa Kabupaten Indragiri Hulu. This study is to face some symptomps that are some students do not interest in learning narrative text, some students difficult to write, and some students are poor vocabulary. The formulation of the problem in this research are “How does the using Think Talk Write learning model can improve the students‟ writing skill on Narrative Text at Grade VIIIA at SMPS Johan Sentosa?”, and “What are the factors that influence changes of students‟ writing skill on narrative text by using Think Talk Write learning model at Grade VIIIA at SMPS Johan Sentosa?”. The purpose of this research are to know the effectiveness of using Think Talk Write learning model in improving students‟ writing skill in narrative text at Grade VIIIA at SMPS Johan Sentosa, and to know the factors that influence changes of student‟s writing skills on narrative text by using Think Talk Write learning model at Grade VIIIA at SMPS Johan Sentosa. The kind of this research is Class Action Research (CAR). It was started from July 09th 2018, and for data collecting technique was using observation, field notes, interview, and test. The population in this research are 25 students, and the instrumentation by using test. Based on the calculation in the first test at cycle I the average is 72,00. Next, in the second test at cycle II the average is 79,36. So, the using of Think Talk Write Learning Model can improve the students‟ writing skill on narrative text at grade X VIIIA at SMPS Johan Sentosa Indragiri Hulu District. Keywords: Writing Skill, Think Talk Write (TTW), Narrative Text

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...