Menara Ilmu
Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019

KORELASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SDN04 LAGAN GADANG HILIR KECAMATAN LINGGO SARI BAGANTI KABUPATEN PESISIR SELATAN

Lasari, Yufi Latmini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari keterampilan guru dalam mengelola kelasbaikdanmampu mengimplementasikan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yangtelah didesainnya. Selain itu, siswa di dalam kelas aktif dan tertib. Hal ini menyebabkanhasil belajar IPS siswa tinggi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik melakukanpenelitian untuk melihatkorelasi kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajarIPSsiswa kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, KabupatenPesisir Selatan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambarankompetensi pedagogik guru, gambaran hasil belajar IPS kelas V dan korelasi yangsignifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS kelas V SDN 04Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan. Jenispenelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Hasilpenelitian yang diperoleh yaitugambaran kompetensi pedagogik guru tinggi dan hasilbelajar IPS kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti,Kabupaten Pesisir Selatantermasuk klasifikasi tinggi, serta terdapat korelasi yangsignifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS kelas V SDN 04Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan.Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar IPS

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...