Penelitian ini dilatarbelakangi dari keterampilan guru dalam mengelola kelasbaikdanmampu mengimplementasikan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) yangtelah didesainnya. Selain itu, siswa di dalam kelas aktif dan tertib. Hal ini menyebabkanhasil belajar IPS siswa tinggi. Berdasarkan hal tersebut, peneliti tertarik melakukanpenelitian untuk melihatkorelasi kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajarIPSsiswa kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, KabupatenPesisir Selatan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambarankompetensi pedagogik guru, gambaran hasil belajar IPS kelas V dan korelasi yangsignifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS kelas V SDN 04Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan. Jenispenelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Hasilpenelitian yang diperoleh yaitugambaran kompetensi pedagogik guru tinggi dan hasilbelajar IPS kelas V SDN 04 Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti,Kabupaten Pesisir Selatantermasuk klasifikasi tinggi, serta terdapat korelasi yangsignifikan antara kompetensi pedagogik guru dengan hasil belajar IPS kelas V SDN 04Lagan Gadang Hilir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan.Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Hasil Belajar IPS
Copyrights © 2019