Menara Ilmu
Vol 13, No 3 (2019): Vol. XIII No. 3 Januari 2019

PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK

Setiawati, Merika (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran masih terpusat pada guru.Artinya proses pembelajaran hanya berlangsung satu arah dari guru kepada siswa,sedangkan siswa hanya pasif, mencatat apa yang diterangkan oleh guru dan mengerjakantugas-tugas yang dianggap mudah, sedangkan tugas yang sukar dibiarkan saja danmenunggu jawaban dari siswa yang pintar atau dari guru saja, apabila siswa diberikesempatan untuk bertanya siswa memilih untuk diam meskipun mereka belum mengertidengan pelajaran tersebut. Salah satu penyebab siswa tidak aktif dalam belajar karenaguru masih menggunakan metode yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan.Sehingga siswa banyak yang minta izin keluar kelas, mengantuk dan sibuk dengan urusandi luar pelajaran. Oleh karena itu, siswa mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaranyang menyebabkan tidak tuntasnya hasil belajar Ekonomi. Dengan menggunakan metodecooperative script terdapat peningkatan hasil belajar ekonomi siswa di SMP Negeri 3Kota SolokKey word :hasil belajar, pelajaran ekonomi, metode cooperative script

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...