Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2019): Jurnal Math Educator Nusantara

Efektivitas guided discovery learning dengan involving students in self and peer evaluation terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah matematika diskrit

Purut Suriyah (Unknown)
Ali Noeruddin (IKIP PGRI Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2019

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk membuktikan apakah guided discovery learning dengan involving students in self and peer evaluation lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika. Desain posttest only control dilaksanakan pada mata kuliah matematika diskrit di IKIP PGRI Bojonegoro tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan tes. Uji hipotesis menggunakan t-test. Hasil dari analisis data diperoleh uji hipotesis pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung= 3,2707553 dengan ttabel = 1,99084707. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro yang dikenai pembelajaran guided discovery learning dengan involving students in self and peer evaluation lebih efektif daripada yang dikenai pembelajaran langsung.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...