Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 6, No 1 (2019): Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan

KEEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI KABUPATEN SERANG-BANTEN

Ida Rosida (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2019

Abstract

Kepala sekolah adalah pemimpin pada tingkat sekolah dan memiliki peranan dalam mengembangkan mutu pendidikan di sekolahnya, tumbuh dan berkembangnya semangat kerja guru, terciptanya kerja yang harmonis, perkembangan mutu guru, serta kinerja bawahannya ditentukan oleh kualitas kepemimpinan kepala sekolah, oleh karena itu kepala sekolah hendaknya senantiasa mengembangkan diri agar menjadi pemimpin  yang profesional. Sedangkan permasalahan yang ada disekolah terutama mengenai pembelajaran menyangkut kurangnya guru dalam mempersiapkan proses belajar mengajar, kurang metode PMB, kurangnya motivasi guru dalam bekerja, dari permasalah kepemmpinan berakibat pada sarana dan prasarana sekolah tidak menunjang. Tenaga pendidik yang professional tidak hanya menguasai bidang ilmu , bahan ajar, dan metode yang tepat, akan tetapi mampu memotivasi peserta didik, memiliki keterampilan yang tingggi dan wawasan yang luas terhadap dunia pendidikan. Profesionalisme tenaga kependidikan juga secara konsisten menjadi salah satu faktor terpenting dari mutu pendidikan agar proses pendidikan dapat berjalan efektif dan efesien, guru di tuntut memiliki kopentensi yang memadai baik dari segi maupun isinya. Metode yang digunakan adalah metode kualiitatif pengambilan data di mulai dari literature, studi pustaka dan penulis juga melalukan wawancara dari beberapa narasumber untuk memperkuat data. Hasil dari penulisan ini berupa saran mengenai profile atau sosok kepala sekolah yang bijaksan, adil terhadap guru-guru dan semua anggota sekolah, rendah hati dan mau menerima masukan dari tenaga kependidikan. 

Copyrights © 2019