Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk melihat penggunaan model kooperatif tipe group investigation dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 29 siswa Kelas XI IIS 2 SMA Pembangunan Laboratorium UNP tahun ajaran 2019/2020. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Indikator keberhasilan tindakan dalam penelitian ini adalah hasil lembar observasi aktivitas belajar siswa secara umum mencapai kriteria Aktif (pada lembar observasi aktivitas belajar memenuhi standar keberhasilan penelitian, yaitu 75%). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dilakukan dengan cara memberi motivasi kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, seperti mengajukan pertanyaan, menjawab pertanyaan, menyampaikan pendapat serta memberikan tugas mencari sumber belajar untuk meningkatkan aktivitas membaca siswa dan memberikan penilaian terhadap catatan dan tugas yang dikerjakan siswa. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari skor rata-rata indikator aktivitas belajar siswa pada siklus I dan II secara berturut-turut, yaitu 60,26% (kategori kurang aktif) ; 85,96% (kategori aktif) . Aktivitas belajar yang mengalami peningkatan yang sangat signifikan, yaitu aktivitas membaca dengan skor 60,35% pada siklus I dan 90,69% pada siklus II.
Copyrights © 2019