ABSTRAK Salah satu upaya mencapai hasil belajar siswa ialah melalui kegiatan pembelajaran terhadap siswa di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya dengan menggunakan media pembelajaran berupa booklet. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media booklet berbasis sikap konservasi dengan media gambar pada materi keanekaragaman hayati di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya. Bentuk penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Karakteristik penentuan sekolah dalam penelitian ini yaitu SMA/MA Negeri yang berada di kecamatan Rasau Jaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengukuran dan observasi langsung. Berdasarkan hasil uji U-Mann Whitney dengan taraf signifikan sebesar 0,05 terdapat perbedaan hasil belajar di MAN 1 Kubu Raya sebesar 0,000 dan di SMAN 1 Rasau Jaya sebesar 0,002. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan media booklet berbasis sikap konservasi dan media gambar di SMA/MA Kecamatan Rasau Jaya pada materi keanekaragaman hayati.
Copyrights © 2019