Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 1, No 2 (2018): Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

PEMETAAN AKTIVASI BISNIS KREATIF DI KECAMATAN ANDIR

Ria Arifianti (Departemen Administrasi Bisnis, FISIP Universitas Padjadjaran)
Mohammad Benny Alexandri (Departemen Administrasi Bisnis, FISIP Universitas Padjadjaran)
Lina Auliana (Departemen Administrasi Bisnis, FISIP Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2019

Abstract

Kreatif merupakan  komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi, penyediaan lapangan kerja, perdangangan dan inovasi.  Stagnasi pertumbuhan ekonomi dan degradasi lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, mendorong seluruh dunia untuk lebih mengedepankan kreativitas dalam berkehidupan ekonomi yang memaksimalkan nilai tambah dari suatu produk barang dan jasa dalam rangka keberlanjutan kehidupan dan peradaban manusia. Untuk itu diperlukan kontruksi terpadu terhadap indikator-indikator  sub ekonomi tersebut.Oleh karena itu diperlukan sosialisasi kepada masyarakat dengan melakukan pengabdian kepada masyarakat. PKM ini mencoba membuat kontruksi terpadu terhadap indikator-indikator sub sektor ekonomi Kota Bandung sebagai Kota Kreatif dengan cara memadukan indikator yang digunakan di Kota lain di dunia dengan indikator aktivasi sub sektor ekonomi kreativitas Kota Bandung yang sudah ada.Metode pengabdian pada masyarakat adalah workhop atau lokakarya. Pertama dilakukan pembekalan terlebih dahulu dengan materi yang telah ada. Kedua, diberikan Pelatihan Aktivasi Bisnis oleh Dosen FISIP UNPAD. Ketiga, evaluasi.Hasil yang didapat adalah pertama, peserta mampu menyusun standar aktivasi bisnis, Kedua, Adanya kesadaran masyarakat  mengetahui dan meningkatkan kinerja bisnis Ketiga, Peserta dapat mengukur dan menjelaskan aktivasi bisnis. Keempat, Peserta dapat update Aktivasi Bisnis di lingkungannya. Saran yang diberikan adalah adanya sarana untuk mengaplikasikan kegiatan tentang aktivasi bisnis di kecamatan khususnya kecamatan Andir. Creative is an important component in economic growth, providing employment, trade and innovation. The increasingly alarming stagnation of economic growth and environmental degradation, encourages the whole world to prioritize creativity in economic life that maximizes the added value of a product of goods and services in the context of the sustainability of human life and civilization. For this reason, integrated construction of these sub-economic indicators is needed.               Therefore, socialization is needed for the community by doing community service. This pengambidan to the community tries to make integrated construction of the indicators of the economic sub-sector of the city of Bandung as a Creative City by integrating indicators used in other cities in the world with indicators of the activation of the existing Bandung City economic sub-sector of creativity.               The community service method is a workhop or workshop. First carried out debriefing first with existing material. Second, given Business, Third, Workshop and Evaluation Mapping and.            The results obtained were first, conducting debriefing activities. Second, the mapping was carried out in 6 sub-districts, Third, Workshop and evaluation. Evaluation was obtained as follows: participants were able to develop business activation standards. Second, the existence of public awareness to know and improve business performance. Third, Participants can measure and explain business activation. Fourth, Participants can update Business Activation in their environment. 

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kumawula

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, dengan nomor terdaftar ISSN 2620-844X (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat Studi Desentralisasi dan Pembangunan Partisipatif Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran. Jurnal ini meliputi berbagai ...