Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pelajaran Matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Matematika setelah diterapkannya pembelajaran model tipe STAD pada siswa Kelas VIII-2 Pelajaran Matematika Materi persamaan garis lurus.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 36 orang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 15 orang perempuan pada SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur . Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung dengan satu kali tatap muka, ,dan siklus II berlangsung dengan satu kali tatap muka, setiap sesi berlangsung selama 40 menit Data yang diperoleh berupa hasil tes harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (16,67%), siklus II (88,89%),. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur .Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Matematika.
Copyrights © 2016