Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 7, No 2 (2016): GENTA MULIA : Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-2 MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS PELAJARAN MATEMATIKA PADA SMP NEGERI 1 LABUHANHAJI TIMUR

Zikri Zikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2018

Abstract

Abstrak:Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pelajaran Matematika . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pelajaran Matematika  setelah diterapkannya pembelajaran model tipe STAD pada siswa Kelas VIII-2 Pelajaran Matematika  Materi persamaan garis lurus.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah  siswa yang dijadikan sampel penelitian yaitu Kelas VIII-2 dengan jumlah siswa 36 orang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 15 orang perempuan pada SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur . Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus I berlangsung dengan satu kali tatap muka, ,dan siklus II berlangsung dengan satu kali tatap muka, setiap sesi berlangsung selama 40 menit Data yang diperoleh berupa hasil tes harian, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (16,67%), siklus II (88,89%),. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa VIII-2 SMP Negeri 1 Labuhanhaji Timur .Kata kunci: Kooperatif tipe STAD, Hasil Belajar, Matematika.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...