Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 10, No 2 (2019): Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 3 KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

Tanjung, Henra Saputra (Unknown)
Nababan, Siti Aminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2019

Abstract

Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan perangkat pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk melatih kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi Matematis siswa SMA 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Sehingga kompetensi profesional guru dalam menyusun perangkat pembelajaran secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif dan menyenangkan. Sejauh ini, dari segi isi dan kualitas perangkat pembelajaran yang diterapkan guru masih belum tergolong baik karena fakta bahwa perangkat yang dikembangkan oleh guru belum pernah diuji validitas, kepraktisan maupun keefektifannya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pemebelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif melalui pembelajaran Matematika Berbasis Masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya.Tujuan Khusus dalam penelitian ini adalah 1). Mengahasislkan perangkat pembelajaran matematika yang valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar; 2) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pemebelajaran yang di kembangkan berorientasi model pembelajaran berbasis masalah. Jenis Penelitian adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model 4-D (Four-D Model) yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develope) dan penyebaran (disseminate). Analisis data meliputi analisis validitas, reliabilitas, kemampuan pemecahan masalah dan Komunikasi Matematis siswa. Perangkat pembelajaran yang akan dikembangkan membantu guru Matematika dalam melatih kemampuan siswanya yang sesuai dengan abad 21. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini yaitu: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS). Sedangkan model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Kata-kata kunci : Pemebelajaran berbasis masalah; kemampuan Pemecahan Masalah; komunikasi matematis siswa

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

gm

Publisher

Subject

Aerospace Engineering

Description

Jurnal Ilmiah dengan fokus semua bidang Pendidikan (pendidikan dasar hingga perguruan tinggi). Journal ini di publish secara berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan ...