Abstrak: Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar dan Interaksi nya dalam mempengaruhi hasil belajar. Lokasi Penelitian di SDN 067775 Medan. Populasi sebanyak 82 siswa, penarikan sampel secara cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data melalui tes hasil belajar IPS dan lembar observasi gaya belajar. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian factorial 2x2. Teknik analisis menggunakan ANAVA dengan signifikansi α=0,05. Hasil penelitian (1) Hasil belajar dengan strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih tinggi daripada mencari pasangan (Fhitung = 4,65>Ftabel = 3,96); (2) Hasil belajar dengan gaya belajar auditori lebih tinggi dari gaya belajar kinestik (Fhitung = 7,97>Ftabel = 3,96); (3) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar terhadap hasil belajar (Fhitung = 4,47>Ftabel = 3,96). Hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kekuatan dua kepala lebih baik digunakan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan sebaliknya untuk strategi pembelajaran mencari pasangan.Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar dan Hasil Belajar IPS
Copyrights © 2018