Abstrak : Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif dengan subjek penelitian siswa kelas V MIS Lamgugob yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus tindakan. Instrumen-instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes dan angket.Indikator keberhasilan penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar siswa yaitu 88.18% dari jumlah siswa yang mengikuti proses belajar mengajar telah mencapai kategori tinggi. Sedangkan minat siswa menunjukkan sebesar 87.87% siswa berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 54.54 % dan diketahui bahwa peningkatan rata-rata skor minat belajar siswa dari siklus I ke siklus II adalah 25.6 %. Hasil penghitungan menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya pada kelas V ada peningkatan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan minat belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya. Kata Kunci: Metode eksperimen, hasil belajar dan minat belajar
Copyrights © 2018