Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa SD dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME; 3) respon siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD; 4) proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Four-D. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Suak Gedebang,pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan kelas yang dijadikan sebagai sampel untuk uji coba adalah kelas VI-A dan kelas VI-B. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran memenuhi keefektifan, efektivitas ditinjau dari a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; dan c) waktu pembelajaran; 2) peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan matematika realistik; 3) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran adalah positif; 4) proses jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I. Selanjutnya, disarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan RME sebagai alternatif pembelajaran, dengan bimbingan atau pertanyaan-pertanyaan yang diberikan dapat terjangkau oleh siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami masalah-masalah yang diberikan. Kata-kata kunci: Pendekatan RME, Kemampuan Berpikir Kritis dan model 4-D.
Copyrights © 2018