Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika
Vol. 1 No. 1 (2019)

Self Awareness Siswa Madrasah Aliyah Ddalam Pembelajaran Matematika

Mulin Nu'man (Dosen Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self awareness siswa Madrasah Aliyah ditinjau dari jenis kelamin dan kemampuan matematika (tinggi, sedang, dan rendah), baik secara keseluruhan maupun tiap indikator (emotional awareness, accurate self assessment, dan self confidence). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah di Yogyakarta dengan sampel siswa di 2 Madrasah Aliyah. Instrumen pengumpulan yang digunakan adalah kuesioner self awareness dan dokumen nilai matematika. Analisis data yang digunakan adalah uji-t dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan Self Awareness antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, baik self awareness secara keseluruhan maupun tiap indikator self awareness yaitu emotional awareness, self awareness, dan accurate self assessment dan tidak ada perbedaan self awareness antara siswa dengan kemampuan tinggi, siswa dengan kemampuan sedang, dan siswa dengan kemampuan rendah, baik self awareness secara keseluruhan maupun tiap indikator self awareness yaitu emotional awareness, self awareness, dan accurate self assessment. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika belum mampu memberi dampak maksimal terhadap self awareness siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JPPM (Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika) editorial board members are from previously teacher-college universities. Review process for this journal applies double blind peer review. The articles sent to the Journal are always reviewed by two reviewers. The decision of the article ...